Tenaga pendidik Paud tetap harus profesional

Selasa, 20 Agustus 2013 - 22:07 WIB
Tenaga pendidik Paud tetap harus profesional
Tenaga pendidik Paud tetap harus profesional
A A A
Sindonews.com - Lembaga penyedia pendidikan anak usia dini (Paud) saat ini di DIY semakin banyak saja. Meski pada intinya Paud mengajarkan pendidikan awal, tenaga pendidik Paud harus tetap merupakan pendidik yang profesional.

"Tidak ada kata 'hanya' pendidikan dasar pada Paud. Bagaimanapun itu merupakan proses mendidik dan pendidikan. Tuntutan perlunya tenaga pendidik profesional tentu mutlak. Sehingga tetap dibutuhkan pendidik yang merupakan lulusan pendidikan guru Paud," ujar Pakar Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sugito di Yogyakarta, Selasa (20/8/2013).

Sugito menuturkan, jika pendidik bukan berasal dari profesional, ilmu yang disampaikan dalam Paud pun kurang memadai. Hal ini dikarenakan instrumen mengenai Paud yang dimiliki pendidik hanya sedikit. Tak hanya profesionalisme, faktor keilmuan linier dengan tingkat pendidikan yang diampu juga diperlukan.

"Jika untuk mengajar di Paud, tentu lulusan PGPaud yang paling tepat. Dengan begitu, pendidik tahu pasti apa yang harus dilakukan," imbuh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY ini.

Menanggapi kenyataan sebagian besar pendidik Paud di DIY hanyalah pekerja sukarelawan bahkan bukan lulusan PGPaud, Sugito mengatakan, kenyataan tersebut harus diperbaiki perlahan. Pelatihan bagi pendidik Paud yang diadakan oleh pihak pemerintah menurutnya tidaklah cukup.

Harus ada pelatihan yang berkelanjutan, agar kualitas Paud yang ada di tengah masyarakat tersebut juga terjamin. "Kalau pelatihannya hanya sekali jelas tidak bermanfaat. Karenanya perlu kita benahi bersama hal ini. Jangka pendek, langkah yang bisa diambil memang hanya melalui pelatihan, namun ini perlu ditingkatkan," imbuhnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)