Ini strategi partai gaet 30% pemilih pemula

Minggu, 18 Agustus 2013 - 12:30 WIB
Ini strategi partai gaet 30% pemilih pemula
Ini strategi partai gaet 30% pemilih pemula
A A A
Sindonews.com - Setidaknya ada sekitar 30 persen suara di Pemilu 2014 nanti bersumber dari pemilih pemula. Pemilih pemula merupakan pemilih yang pertama kali mengikuti Pemilu.

Dan pemilih pemula ini lah akan menjadi target kebanyakan partai politik (parpol) untuk meraih suara maksimal.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jeirry Sumampow mengungkapkan, ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan parpol untuk menjaring suara pemilih pemula.

Pertama, parpol harus mampu menyajikan hal-hal yang bersifat hiburan dan rekreasi, sesuai dengan dunia mereka.

"Makanya partai dalam kampanye sering melakukan metode kampanye dengan menggelar konser musik atau dengan menghadirkan artis-artis," kata Jeirry saat dihubungi Sindonews, Minggu (18/8/2013).

Lanjut dia, cara semacam itu nantinya bisa membuat kesan pertama bagi pemilih pemula terhadap satu parpol peserta pemilu.

"Hal ini dilakukan, salah satunya, dengan harapan agar mampu memobilisasi pemilih pemula sebanyak mungkin dan bisa memberikan kesan awal yang akan mereka ingat terus selanjutnya," terangnya.

Pasalnya, mereka adalah pemilih dengan belum memiliki pemahaman yang kuat terhadap partai. Sehingga cara paling mudah adalah dengan menimbulkan kesan positif di mata mereka.

"Karena dimensi idiologisnya belum kuat, maka pilihan pemilih pemula juga sangat rawan berubah, tergantung dari situasi yang dialami oleh yang bersangkutan," tukasnya.

Kedua, lanjut Jeirry, di samping pengenalan lewat alat peraga dan iklan, maka faktor lain yang sangat kuat berpengaruh terhadap pemilih pemula adalah orangtua.

"Banyak pilihan pemilih pemula yang ditentukan oleh arahan atau nasehat orangtua atau dia dengan kesadaran sendiri bertanya kepada orang tuanya apa partai yang harus dia pilih."

"Jadi pilihan partainya mengikuti partai yang dipilih oleh orang tua atau keluarga terdekatnya," lanjutnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9689 seconds (0.1#10.140)