Ini Program PKH versi Kemensos

Rabu, 14 Agustus 2013 - 20:23 WIB
Ini Program PKH versi Kemensos
Ini Program PKH versi Kemensos
A A A
Sindonews.com - Berkaitan dengan program kompensasi BBM yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya, agar program PKH dapat mengenai para lansia.

"Saat ini jaminan terhadap lansia memang ada, namun dengan jumlah yang terbilang tidak besar. Hal ini bertujuan agar para lansia tidak dimasukan ke panti sosial oleh para keluarganya," kata Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Andi ZA Dulung, Rabu (14/8/2013).

Penanganan lansia yang ideal, kata Andi, seharusnya dilakukan oleh keluarganya sendiri. Selain itu, terbatasnya kapasitas panti juga dikhawatirkan menjadi hambatan pelayanan yang baik bagi para lansia.

Kemensos sendiri kini menggunakan pendekatan secara langsung yaitu dengan terjun ke masyarakat dan mencari para lansia yang membutuhkan bantuan.

"Para pekerja sosial turun langsung mencari, lalu melakukan pembinaan, dibawa ke keluarga atau panti sosial. Kami sedang usahakan supaya digabung dengan PKH. Jadi kalau kondisinya hamil, punya bayi dan anak sekolah lalu ada lansia, bisa mendapatkan PKH," jelasnya.

Terkait dimasukkannya jaminan lansia dalam PKH, Andi mengatakan pemerintah sedang berusaha agar tahun 2015 program ini dapat direalisasikan. Program ini diharapkan mampu melengkapi berbagai jenis asuransi yang ada di dalam Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)

"Yaitu asuransi kesehatan, anak, kecelakaan, hari tua dan kematian," tegasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)