Jelang pensiun, Nanan serukan polisi anti korupsi

Selasa, 30 Juli 2013 - 08:45 WIB
Jelang pensiun, Nanan serukan polisi anti korupsi
Jelang pensiun, Nanan serukan polisi anti korupsi
A A A
Sindonews.com – Dua hari jelang masa pensiun, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Nanan Soekarna menyerukan pembentukan kode etik polisi yang melahirkan budaya anti korupsi di Korps Bhayangkara tersebut.

“Kita buat bersama-sama tim, instrumen tentang kode etik, kode kehormatan, instrumen kita agar jadi polisi lebih demokratis. Merubah mindset agar jadi pelayan, pelindung, pengayom yang antikorupsi, pin telah kita buat dua, anti korupsi yang menjadi pelayan prima,” jelas Nanan saat ditemui di Teras Kita, Jakarta, Senin (29/7/2013) malam.

Nanan menambahkan, sejak menjabat sebagai Wakapolri hingga jelang masa pensiun pada 1 Agustus 2013, dia terus melakukan upaya membuat Kepolisian bekerja secara profesional terutama dalam pencegahan korupsi. Ia pun memperbolehkan bawahannya untuk “melawan” atasan yang terindikasi akan melakukan korupsi.

“Sekarang kan kita bolehkan anak buah melawan atasan yang korup tapi atasannya, tapi ngelawannya bukan menjatuhkan tapi agar institusi aman, melawan agar komandan yang dilawan itu aman, bukan menjatuhkan karena kalau enggak berat itu,” tegas Nanan.

Saat disinggung mengenai siapa sosok yang pantas menggantikannya, Nanan tampak enggan menjawab. "Tunggu sampai tanggal 2 Agustus besok saja, nanti juga ada," pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5479 seconds (0.1#10.140)