Azwar: Kecurangan tes PNS rawan terjadi di daerah

Sabtu, 27 Juli 2013 - 16:03 WIB
Azwar: Kecurangan tes PNS rawan terjadi di daerah
Azwar: Kecurangan tes PNS rawan terjadi di daerah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akan menggelar ujian masuk calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 60 ribu orang pada bulan Oktober mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menjanjikan ketiga tes CPNS, yaitu tes kepribadian, kompetensi dasar dan wawasan kebangsaan akan dilakukan lebih transparan.

Dia menjelaskan, kecurangan-kecurangan ketika tes CPNS biasanya terjadi di daerah. Oleh karena itu, Azwar memerintahkan agar lembar jawaban segera dibawa ke Jakarta untuk selanjutnya diberikan penilaian.

"Lembar jawaban yang sudah dikerjakan akan langsung dibawa ke Jakarta dan akan langsung diumumkan karena di daerah lebih rawan dan bisa diubah-ubah nama pesertanya," ujarnya di gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/4/2013) malam.

Azwar mengatakan, hasil tes CPNS akan bisa diketahui para peserta dalam rentang waktu dua sampai tiga pekan setelah tes berlangsung.

"Nanti waktu pengumumannya akan disesuaikan, bisa dua atau tiga minggu. Jadi, hasil tes itu masuk diperiksa dan diumumkan," paparnya.

Dia meyakini dengan metode seperti ini, akan didapat para PNS yang memiliki kualifikasi dan kinerja yang juga bagus. "Lihat, tahun lalu qualified semua. Yang kita dapat itu bagus. Tahun lalu itu kan kita terima 13 ribu, yang terisi malah 11 ribu, tidak semua terisi," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)