Dinilai partai bersih, elektabilitas Hanura geser Demokrat

Rabu, 17 Juli 2013 - 12:07 WIB
Dinilai partai bersih,...
Dinilai partai bersih, elektabilitas Hanura geser Demokrat
A A A
Sindonews.com - Hasil riset dan survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menempatkan partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) berada setingkat diatas partai Demokrat. Hanura masuk lima besar dengan menggeser partai penguasa saat ini.

Menurut Peneliti Utama LSN Dipa Pradipta, keberhasilan Hanura yang merangkak naik karena elektabilitas partai pimpinan Wiranto tersebut dinilai bersih. Kata Dipta, Hanura mendapat kepercayaan publik setelah kader partai di parlemen (DPR RI) tidak terlibat tindakan korupsi.

"Kita tempatkan partai Hanura dengan tingkat elektabilitas yang lumayan baik karena kader atau pengurus partai tidak ada terlibat korupsi. Bahkan, posisi Hanura kita tempatkan ada di atas partai pemerintah (Demokrat)," kata Dipta kepada Sindonews.com, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Sementara itu, sekretaris fraksi partai Hanura Saleh Husin mengatakan, elektabilitas partai Hanura yang meningkat karena kinerja pengurus dan kader partai pasca deklarasi pasangan Capres-Cawapres Wiranto-Hary Tanoesoedibjo.

"Deklarasi kemarin membuat kinerja para kader semakin meningkat," ujar Saleh saat dimintakan tanggapannya terkait hasil LSN.

Sebelumnya, LSN melakukan survei terkait elektabilitas partai politik dimata publik. Survei diterapkan untuk 12 partai politik peserta pemilu 2014. Hasilnya, Hanura menempati posisi keempat dengan tingkat elektabilitas sebesar 6,9 persen dan menggeser Demokrat yang menempati peringkat kelima dengan tingkat elektabilitas 6,1 persen.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0890 seconds (0.1#10.140)