TSC sayangkan rumah bekas Soekarno dijual

Rabu, 17 Juli 2013 - 06:31 WIB
TSC sayangkan rumah bekas Soekarno dijual
TSC sayangkan rumah bekas Soekarno dijual
A A A
Sindonews.com - Rencana penjualan rumah yang dikabarkan pernah ditempati proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno senilai Rp29,4 miliar disayangkan oleh President The Sukarno Center (TSC) Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa III.

Menurutnya, penjualan aset bersejarah apapun alasannya adalah tindakan yang kurang bertanggungjawab. "Berdasarkan perspektif hukum, jika ahli warisnya menjual saya tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi, saya menyarankan penjualan aset bersejarah lebih baik dijual kepada pihak keluarga," kata Gusti kepada Sindonews.com mellaui telpon, Selasa (16/7/2013) malam.

Dia mengaku, sudah mengetahui kabar penjualan aset sejarah ini lima hari yang lalu. Bahkan, dia sudah berbicara oleh keluarga Bung Karno.

"Hingga saat ini pihak keluarga belum ditawarkan untuk membeli rumah ÿang diklaim memiliki nilai sejarah Bung Karno," ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, ahli waris bisa menawarkan penjualan aset tersebut kepada pihak keluarga atau yayasan milik keluarga Bung Karno sebelum dijual kepada publik.

"Jika ingin menjual alangkah lebih baiknya meniru ahli waris di Blitar, yang menjual aset bersejarah tersebut kepada pemerintah daerah," katanya.

Dia menambahkan, jika motif penjualan karena masalah pembiayaan perawatan rumah yang relatif mahal, bisa dicarikan solusi bersama.

"Salah satunya dengan melibatkan pemerintah daerah, untuk melakukan perawatan peninggalan sejarah," imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)