KPU minta masyarakat pro aktif perbaiki DPS

Senin, 15 Juli 2013 - 14:51 WIB
KPU minta masyarakat pro aktif perbaiki DPS
KPU minta masyarakat pro aktif perbaiki DPS
A A A
Sindonews.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah meminta kepada masyarakat untuk proaktif memeriksa nama dalam Daftar Pemilih sementara (DPS) yang baru diumumkan KPU.

Menurutnya, upaya KPU yang telah mengumumkan data-data pemilih sementara di DPS untuk tingkat kelurahan/desa pada 11-24 Juli, dilakukan guna memperoleh masukan dan tanggapan dari masyarakat.

"Kami berharap masyarakat dapat proaktif memeriksa dan memastikan apakah nama mereka sudah terdaftar atau belum di DPS," ujar Ferry, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Berdasarkan tahapan jadwal pemilu, masyarakat diberi tenggat waktu sampai 1 Agustus 2013 untuk memberi tanggapan dan masukan terkait DPS tersebut.

Selain peran aktif masyarakat dalam perbaikan DPS, KPU juga mengimbau kepada 12 parpol peserta pemilu untuk melakukan tugas yang sama yakni memeriksa dan meneliti DPS dengan serius. Agar dikemudian hari pada saat menjelang pemungutan suara tidak mempermasalahkan soal DPT.

Menurut Ferry, pengurus parpol di tingkat kecamatan diberikan salinan lunak (soft copy) DPS oleh KPU kabupaten-kota setempat pada 12 sampai 15 Juli, untuk kemudian dipergunakan sebagaimana mestinya dalam memeriksa daftar pemilih.

"Silakan data soft copy DPS dibuka, dicermati, ditelaah dan dikritisi. KPU membuka diri terhadap semua masukan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas DPT," ajaknya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6669 seconds (0.1#10.140)