Menkum HAM didesak copot Kalapas Tanjung Gusta

Sabtu, 13 Juli 2013 - 15:12 WIB
Menkum HAM didesak copot...
Menkum HAM didesak copot Kalapas Tanjung Gusta
A A A
Sindonews.com - Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara menjadi perhatian banyak pihak. Kementerian Hukum dan HAM langsung menjadi sorotan publik. Tidak sedikit politikus Senayan melempar kritik keras.

Bahkan, Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan menantang Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Amir Syamsuddin mencopot Kepala Lapas Tanjung Gusta. Sebagai salah satu pihak yang dianggap paling bertanggung jawab.

"Berani enggak, mau enggak Menteri Hukum dan HAM langsung mengganti, mencopot kanwil terutama kalapasnya, terutama kepala tahanan diganti," ujar Trimedya dalam diskusi Polemik Sindo Radio di Cikini, Jakarta, Sabtu (13/7/2013).

Politikus PDI Perjuangan ini sudah mendengar sejak satu tahun lau bahwa masalah mati lampu sudah sering terjadi. Karena itu, dia merasa heran insiden di LP Tanjung Gusta disinyalir salah satu penyebabnya karena mati lampu sehingga napi mengamuk.

Pria berkaca mata ini kembali menegaskan supaya Kemenkum HAM mengambil langkah kongkrit dan tegas supaya kejadian serupa tidak terjadi.

"Ini harus dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM, supaya menjadi efek jera copot Kakanwil, copot kepala LP sama kepala keamanan yang di Tanjung Gusta itu. Itu menurut saya orang-orang yg paling bertangung jawab," pungkasnya.

Seperti diberitakan, warga binaan di Lapas Tanjung Gusta merusak sejumlah fasilitas dan membakar gedung di sana dalam rangka menuntut dihapuskannya peraturan pemerintah yang memperketat remisi bagi terpidana khusus, seperti terorisme, narkoba, korupsi. Pemicu lainnya lantaran listrik dan air di LP kerap padam. Lima orang tewas dalam peristiwa itu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9981 seconds (0.1#10.140)