Dapil Jabar II lolos, Hanura bersyukur

Kamis, 11 Juli 2013 - 13:41 WIB
Dapil Jabar II lolos,...
Dapil Jabar II lolos, Hanura bersyukur
A A A
Sindonews.com - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu legislatif 2014 mendatang, di daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) II.

Keputusan itu disampaikan Sekretraris Jenderal (Sekjen) Hanura Dossy Iskandar usai sidang keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas sengketa Daftar Calon Sementara (DCS) personal Calon Legislatif (Caleg).

Menurutnya, keputusan dari Bawaslu merupakan harapan dan keinginan Hanura untuk mendapatkan hak konstitusinya dengan meloloskan semua caleg.

"Tentu semangatnya bagaimana menjalankan proses demokrasi dengan baik. Bawaslu secara cermat dan menempatkan posisi," kata Dossy, di Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Dia mengaku, dengan lolosnya daerah pemilihan Jabar II, prinsip keadilan tak hanya dirasakan internal Partai Hanura, namun bagi masyarakat Indonesia seluruhnya.

Sebelumnya, Bawaslu telah mengabulkan permohonan seluruh gugatan Partai Hanura atas sidang sengketa pemilu. Diloloskannya Hanura karena Caleg Dapil Jabar II yang bermasalah tersebut, telah dinyatakan sah berdasarkan persyaratan menjadi peserta pemilu.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, dan menyatakan pemohon memenuhi syarat sepanjang memperbaiki syarat pencalonan sesuai dengan mekanisme yang ditentukan," kata Ketua Bawaslu Muhammad.

Namun, Bawaslu memberikan catatan kepada Partai Hanura memperhatikan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen serta zipper sistem sesuai UU Nomor 8 tahun 2012, dan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2013.

Partai Hanura, lanjut muhammad, tidak diperkenankan atau mengganti daftar calon sementara yang sebelumnya telah diajukan ke KPU. Perbaikan pemenuhan syarat tersebut, selambatnya harus diserahkan kepada KPU pada pukul 16.00 WIB, Jumat 12 Juli mendatang.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)