Iklan layanan pemilu, KPU libatkan publik figur

Rabu, 10 Juli 2013 - 14:23 WIB
Iklan layanan pemilu, KPU libatkan publik figur
Iklan layanan pemilu, KPU libatkan publik figur
A A A
Sindonews.com - Untuk membuat iklan layanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan berbagai kalangan, baik dari publik figur termasuk artis dan tokoh masyarakat.

Menurut Ketua KPU Husni Kamil Manik, upaya pembuatan iklan layanan pemilu dengan melibatkan publik figur, untuk menggugah kesadaran masyarakat terkait partisipasinya dalam menggunakan hak konstitusinya.

"Jadi ada beberapa tema, dan akan melibatkan duta-duta pemilu, bisa jadi dari kalangan artis atau aktor. Bisa jadi dari kalangan yang dianggap bisa menggugah masyarakat atau pemilih untuk datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan berpartisipasi pada tahapan lain," ujar Husni, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2013).

Husni melanjutkan, dilibatkannya publik figur dalam penayangan iklan pemilu, dimaksudkan untuk mempermudah sosialisasi pemilu kepada masyarakat, karena daya tarik para figur yang mudah dikenali.

"Kalau kita lihat belajar dari iklan masyarakat yang ada, kemudian keterpengaruhan mereka selama ini ketika melakoni peran-peran tertentu atau ketika mereka manggung, mereka bisa menyerap daya tarik," paparnya.

Namun demikian, selain mengandalkan iklan layanan pemilu yang dilakukan KPU, pihaknya lebih jauh meminta kepada aktor politik dan partai lebih aktif turut serta dalam mensosialisasikan tahapan pemilu.

"Ya mudah-mudahan itu bisa membantu mengajak pemilih ke TPS. Selain itu yang paling pentingkan jurkam (juru kampanye), caleg (calon anggota legislatif), partai, kelembagaan, perannya sangat penting," tambahnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7211 seconds (0.1#10.140)