70 persen penduduk Indonesia perokok

Sabtu, 06 Juli 2013 - 17:58 WIB
70 persen penduduk Indonesia perokok
70 persen penduduk Indonesia perokok
A A A
Sindonews.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat, 121 juta keluarga Indonesia menjadi keluarga perokok. Catatan ini berdasarkan, hasil penelitian lembaga demografi Universitas Indonesia (UI).

Komnas PA mengasumsikan, jika dalam satu keluarga terdapat seorang bayi dan balita, berarti terdapat 121 juta anak Indonesia menjadi perokok pasif.

Bahkan ada 45 juta perokok aktif pemula di usia 10-14 tahun. Berarti hampir seluruh penduduk Indonesia atau 70 persen lebih menjadi perokok pasif dan aktif. Kondisi ini diperburuk dengan iklan rokok yang gencar dan minimnya kawasan bebas rokok.

"Keluarga perokok akan membahayakan balita yang terpapar asap rokok, hal itu bisa menjadi pintu gerbang menjadi perokok," ungkap Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait di Depok, Sabtu (06/07/2013).

Pada kesempatan itu, Aris mengakui dirinya sempat menjadi perokok. Namun, sejak lima tahun lalu silam dirinya sudah berhenti dari kebiasaan merokok.

"Indonesia jadi sasaran utama industri rokok. Sasarannya bahkan anak - anak perokok pemula. Acara bola pun sore-sore ada sponsor rokok, dan enggak ada punishment. Harus mulai ditetapkan jadi pidana bisa lewat Perda. Karena asap rokok mendorong hak hidup anak terlanggar," tandasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)