Bandara Berau tingkatkan pariwisata

Sabtu, 29 Juni 2013 - 00:01 WIB
Bandara Berau tingkatkan pariwisata
Bandara Berau tingkatkan pariwisata
A A A
Sindonews.com - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengatakan, pembangunan bandar udara (bandara) di Berau, Kalimantan Timur, sudah dilaksanakan dan hampir selesai.

Dengan tanah yang lebar dan luas diharapkan banyak jenis pesawat dan waktu terbang yang sesering mungkin. Saat ini diperkirakan akan ada tujuh penerbangan sehari untuk dua jenis pesawat Garuda dan Lion Air.

Menurutnya, melihat potensi yang akan didapat dengan kehadiran bandara di Berau, maka kemajuan ekonomi khususnya dapat lebih maju di Kaltim. "Kita juga mengusulkan untuk dapat bandara berau menjadi bandara internasional," katanya.

Faroek mengatakan, beberapa kegiatan seperti lomba driver di seluruh Indonesia, perlombaan selam dan selancar serta beberapa perlombaan lainya. Kegiatan ini akan diikuti oleh 11 provinsi.

Selain mempersiapkan bandara, Pemda juga melakukan perbaikan infrastruktur lainya seperti pembuatan kolam renang outdor dan perbaikan jalan.

"Pembangunan Infrastuktur akan ada jalan dari sini ke Tanjung Batu guna mempersingkat perjalan yang hanya akan ditempuh menjadi setengah jam," ujar dia saat memaparkan persiapan festifalk derawan di rakornas.

Lanjut dia, Festifal Derawan salah satu acara penting Sail Komod. Hal ini akan menjadi sebuah destinasi wisata yang mempunyai potensi baik bawah laut ataupun lingkunggan a sekitar daerah disini.

Bupati Berau Makmur mengatakan, beberapa masalah dalam festifal ini ialah permasalahan penerbangan yang minim. Saat ini hanya ada satu kali penerbangan dari Balikpapan dengan tujuan Berau.

Menurutnya, hal ini tidaklah cukup melihat jika potensi pengunjung serta para peserta melebihi penumpang pada biasanya. Untuk itu pemerintah pusat akan membuatkan bandara guna membantu waktu penambahan penerbangan.

"Diharapkan pesawat-pesawat yang bisa langsung ke Berau dapat langusng mendarat disana," ujar nya.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuti mengatakan, diharapkan dalam festifal dermawan akan ditargetkan mendatangkan 250 juta wisatawan domestik dan 9 juta wisatawan mancanegara.

Dia mengatakan, dalam program yang terdapat di Kemenparekraf akan disediakan paket promosi perjalan untuk domestik dan mancanegara. "Ini bisa jadi ladang prmosi kita untuk memperkenalkan daerah cantik Indonesia,"tegasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5091 seconds (0.1#10.140)