Ini cara Orangutan mengusir nyamuk

Selasa, 25 Juni 2013 - 16:07 WIB
Ini cara Orangutan mengusir nyamuk
Ini cara Orangutan mengusir nyamuk
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Nasional (Unas), Orangutan memiliki kebiasaan yang menarik untuk diteliti.

Ketua Pelaksana Penelitian Tatang Mitra Setia mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 10 tahun ini, Orangutan menggunakan daun tarutung untuk mengusir nyamuk.

"Orangutan menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur dan selimut. Hal itu bertujuan, agar nyamuk tidak menggigit saat Orangutan tidur. Karena, daun tarutung salah satu daun yang tidak disukai oleh nyamuk," kata Tatang melalui siaran persnya ke Sindonews.com, Selasa (25/6/2013).

Selain itu, kata Tatang, Orangutan juga memiliki kebiasaan untuk melakukan penjelajahan setiap harinya sepanjang 5 hingga 500 meter dari habitatnya.

“Makanya kalau kita akan mengkonservasi, bisa memperkirakan habitat seperti apa yang cocok untuk mereka, berdasarkan hasil penelitian,” ungkapnya.

Ia menyayangkan, biaya penelitian yang tergolong mahal, terpaksa menghentikan timnya untuk melakukan penelitian. Menurut Tatang, waktu 10 tahun untuk penelitian belum dirasa cukup. Karena masa hidup Orangutan terbilang lama, 60 hingga 70 tahun seperti usia manusia.

“Masih banyak kegiatan penelitian dari berbagai disiplin ilmu dibutuhkan sebelum tingkat keterancaman pelestarian Orangutan dapat dikurangi. Informasi mengenai ekologi Orangutan, perilaku, genetik, penyakit, sebaran geografi dan perkiraan populasi masih sangat diperlukan untuk menunjang manajemen konservasi,“ tutupnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4590 seconds (0.1#10.140)