Dalam kandungan, masa emas pembentukan otak anak

Rabu, 26 Juni 2013 - 02:06 WIB
Dalam kandungan, masa emas pembentukan otak anak
Dalam kandungan, masa emas pembentukan otak anak
A A A
Sindonews.com - Dirjen Bina Gizi Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Slamet Yuwono mengatakan, tumbuh kembang anak dimulai pada masa kandungan sampai pada dua tahun.

Masa-masa tersebut merupakan masa emas untuk pembentuk sel dalam otak anak. Hal ini dikarenakan, setelah lima tahun pembesaran kecerdasan otak anak tergantung pada sel dalam otak anak.

"Masa kandungan ibu harus membentuk pola sel otak anak, karena disaat mereka lahir tambahan nutrisi dengan makanan bergizi dan daya kebal tubuh anak-anak tidak rentan akan sakit," tandas dia saat dihubungi KORAN SINDO, Selasa (25/6/2013).

Menurutnya, berkaitan dengan fisik anak, berat dan tinggi anak juga harus profesional. Dalam penelitian 1000 hari pertama anak, jika kurangnya gizi maka akan berdampak pada penyakit tidak menular seperti hypertensi, struk, jantung.

Sebelumnya, kurangnya pengetahuan dalam pemenuhan gizi pada tumbuh kembang anak, membuat perkembangan anak menjadi rentan terhadap risiko. Salah satunya rentan akan penyakit tidak menular.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menag PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, saat ini 38 persen penduduk Indonesia adalah anak-anak dengan kisaran umur sekira 18 tahun, dengan jumlah sekira 80 juta.

Sementara, 28 persen lainnya adalah anak balita, dengan usia berkisar lima sampai 9 tahun. Sedangkan 27 persen adalah anak berusia 10 sampai 14 dan 16 persen berusia 15 sampai 17 tahun. "Mereka semua mempunyai risiko penyakit spesifik masing-masing, baik itu menular ataupun tidak," kata Linda saat ditemui di Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6424 seconds (0.1#10.140)