University of Hawaii berikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia

Senin, 10 Juni 2013 - 15:49 WIB
University of Hawaii berikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia
University of Hawaii berikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia
A A A
Sindonews.com - Dosen University of Hawaii Maya Soetoro mengungkapkan, hidup bertoleransi sangat terlihat dari kehidupan masyarakat di Yogyakarta. Menurutnya, untuk menularkan kehidupan damai dengan toleransi tersebut, ia berharap ada dosen atau mahasiswa di Yogyakarta yang mampu menunjukkan bagaimana perdamaian itu sendiri.

"Kami sendiri memiliki beberapa program, termasuk salah satunya dengan UII (Universitas Islam Indonesia). Bahkan sejak tahun lalu, kami melakukan kerja sama dengan Dikti Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dalam hal pemberian beasiswa bagi orang Indonesia yang ingin bersekolah di Hawaii," kata Maya dalam kuliah umum dengan tema Education for Peace di UII, Yogyakarta, Senin (10/6/2013).

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi University of Hawaii Denise Eby Konan PhD mengatakan, untuk beasiswa ini, pihaknya sebenarnya membuka peluang bagi siapapun, baik yang telah lulus sarjana maupun belum lulus.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa program studi yang dibuka untuk beasiswa antara lain prodin ekonomi, urban planning, teknik, geografi dan kedokteran. "Tidak hanya memberi kesempatan belajar penuh, kami juga membuat program pertukaran dosen dan mahasiswa. Selama satu semester mereka akan belajar di Hawaii dan dari kamipun akan demikian," imbuhnya.

Rektor UII Edy Suandi Hamid membenarkan, telah terjalinnya kerjasama antara UII dengan University of Hawaii. Dikatakannya, saat ini ada tiga dosen dari UII yang sedang berada di Hawaii sebagai peserta pertukaran dosen. "Selanjutnya, kita arahkan agar program ini juga melibatkan mahasiswa untuk belajar di sana," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6497 seconds (0.1#10.140)