91 pulau kecil belum dikelola dengan baik

Jum'at, 07 Juni 2013 - 19:07 WIB
91 pulau kecil belum dikelola dengan baik
91 pulau kecil belum dikelola dengan baik
A A A
Sindonews.com - Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan adopsi Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengabdosian pulau tersebut sebagai upaya UGM dalam membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk mengelola pulau-pulau kecil Indonesia.

"Sampai saat ini masih ada sekira 91 pulau kecil terluar di Indonesia belum dikelola dengan baik. Bahkan dari jumlah tersebut, sebanyak 61 pulau yang belum berpenghuni hingga saat ini," kata Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP, Sudirman Saad kepada wartawan, di UGM, Yogyakarta, Jumat (7/6/2013).

"Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mengelola pulau-pulau kecil terluar tersebut, khususnya 31 pulau berpenghuni. Pasalnya pulau-pulau kecil terluar memiliki peran penting dan strategis, terutama dalam hal kedaulatan," imbuhnya.

Sudirman mengatakan, pengelolaan pulau kecil, termasuk adopsi tersebut dibutuhkan karena selama ini kondisinya yang sangat memprihatinkan. Pulau-pulau tersebut minim aksesibilitas transportasi dan infrastruktur.

Akses pendidikan, kesehatan, dan sanitasi pun juga masih jauh dari standar. Sehingga pulau-pulau tersebut sulit berkontribusi bagi pembangunan nasional.

"Maka pemerintah berupaya mengembangkan program terpadu lintas kementerian, dengan melibatkan perguruan tinggi, untuk mengembangkan program adopsi pulau ini guna mengakselerasi pembangunan pulau kecil dan terluar, salah satunya dilakukan dengan UGM ini," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5533 seconds (0.1#10.140)