Peneliti lakukan eskavasi lanjutan di Goa Song Gentong

Kamis, 06 Juni 2013 - 21:01 WIB
Peneliti lakukan eskavasi lanjutan di Goa Song Gentong
Peneliti lakukan eskavasi lanjutan di Goa Song Gentong
A A A
Sindonews.com - Tim Paleoantropologi dan Antropologi Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga (Unair), melakukan ekskavasi lanjutan temuan sub fosil manusia purba di Goa Song Gentong, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Eskavasi ini terkait dengan peninggalan sisa kehidupan manusia masa Neolithikum, semakin memperjelas mozaik sejarah penghuni nusantara.

"Semakin melengkapi puzzle sejarah migrasi penghuni nusantara. Karenanya dilakukan ekskavasi," ujar Rusyad Adi Suriyanto dari UGM, selaku pimpinan tim ekskavasi kepada wartawan, Kamis (6/6/2013).

Ekskavasi ini merupakan lanjutan ekskavasi sebelumnya di lokasi yang sama. Dari ekskavasi, tim pernah menemukan sisa makanan manusia purba. Kemudian tulang dan gigi yang dicurigai sebagai bagian dari organ manusia purba. Secara geografis, lokasi ekskavasi tidak terpaut jauh dengan situs manusia purba homo wajakensis yang ditemukan dokter kebangsaan Belanda Eugene Dubois di era kolonial.

Menurut Rusyad, temuan yang ada, secara lebih luas dapat dapat dihubungkan dengan temuan serupa di wilayah hunian Asia Tenggara kepulauan, Asia Timur hingga pulau-pulau paling timur kawasan Pasifik. "Ini untuk melacak dan memastikan siapa manusia asli Nusantara, " jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6059 seconds (0.1#10.140)