Emban tugas berat, Kemenhan butuh anggaran memadai

Rabu, 05 Juni 2013 - 22:31 WIB
Emban tugas berat, Kemenhan butuh anggaran memadai
Emban tugas berat, Kemenhan butuh anggaran memadai
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi I DPR RI, Syahfan B Sampurno menilai, tugas yang diemban Kementerian Pertahanan sangat berat dalam bidang pertahanan dan keamanan mencakup bukan saja nasional, namun juga regional, dan internasional. Alasan itu yang mendorongnya menolak pemangkasan anggaran belanja Kemenhan sebagai bagian penghematan APBN 2013.

Untuk itu, kata Syahfan, diperlukan anggaran yang memadai demi berjalannya pengadaan, perekrutan, pengelolaan sumberdaya nasional serta pembinaan teknologi dan industri pertahanan yang diperlukan TNI dan komponen kekuatan pertahanan lainnya. Selain itu, menyusun dan melaksanakan perencanaan strategis pengelolaan sumberdaya nasional untuk kepentingan pertahanan negara.

“Jika mengorbankan stabilitas pertahanan dan kemanan negara, biayanya akan lebih mahal dibandingkan dana yang diambil dari pemangkasan anggaran belanja Kemenhan,” katanya melalui rilis yang diterima Sindonews, Rabu (5/6/2013).

Syahfan menambahkan, dengan anggaran yang sekarang saja, masih jauh dari memadai untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI yang sekarang kondisinya masih jauh tertinggal dari negara-negara tetangga sekalipun.

“Belum lagi jika kita bicara masalah kesejahteraan prajurit, seperti perumahan dan pendidikan untuk peningkatan kualitas SDM prajurit yang sampai sekarang masih kurang layak,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, bahwa seluruh Kementerian/Lembaga akan mengalami pemangkasan anggaran belanja, kecuali Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bahkan, beberapa Kementerian/Lembaga dengan anggaran besar akan dipangkas hingga lebih dari Rp 1 triliun.

Tujuh instansi tersebut adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Dalam Negeri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7470 seconds (0.1#10.140)