Undip, kampusnya calon ahli riset

Selasa, 04 Juni 2013 - 16:22 WIB
Undip, kampusnya calon ahli riset
Undip, kampusnya calon ahli riset
A A A
Sindonews.com - Universitas Diponegoro atau yang lebih familiar dengan sebutan Undip merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Untuk dapat masuk ke universitas ini, calon mahasiswa harus mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bagi calon mahasiswa yang gagal mengikuti SNMPTN, dapat mengikuti SBMPTN untuk menjalani proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Seleksi dilakukan hanya menggunakan pola ujian tertulis di masing-masing wilayah kota, dan dilakukan serentak secara bersamaan.

Terdapat 61 perguruan tinggi negeri yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, namun tiap calon mahasiswa hanya diberi tiga pilihan jurusan ilmu pendidikan.

Undip dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin lulus sebagai ahli riset, sebab universitas ini memiliki tujuan menjadi universitas riset yang unggul.

Sains, teknologi, dan seni, merupakan program atau fakultas pendidikan yang diunggulkan di Undip. Dalam pengembangan ilmu sains dan teknologi, Undip juga melaksanakan penelitian dan publikasi saintifik secara profesional.

Selain tiga program pendidikan di atas, Undip juga memiliki fakultas unggulan lainnya yakni kedokteran, perikanan dan ilmu kelautan, ekonomika dan bisnis, hukum, peternakan dan pertanian, ilmu budaya, ilmu sosial dan ilmu politik, psikologi, dan kesehatan masyarakat.

Pendaftaran daring (online) sudah dibuka, calon mahasiswa dapat mendaftar melalui laman resmi www.sbmptn.or.id. Pendaftaran daring ini akan ditutup pada pukul 22.00 WIB, tanggal 7 Juni 2013. Dan SBMPTN akan diselenggarakan pada 18-20 Juni 2013.

Berikut jadwal ujian SBMPTN:

Jadwal Ujian Tertulis:
Selasa, 18 Juni 2013: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU).
Rabu, 19 Juni 2013: Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum).

Ujian Keterampilan:
Kamis, 20 Juni 2013 atau Jumat, 21 Juni 2013: Ujian Keterampilan.

Untuk mempersiapkan kemantapan peserta ujian SMBPTN, Sindonews menyelenggarakan try out secara daring di www.sindonews.com, pada 11-12 Juni 2013.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2855 seconds (0.1#10.140)