Biaya pelayanan tenda haji naik

Jum'at, 31 Mei 2013 - 17:59 WIB
Biaya pelayanan tenda haji naik
Biaya pelayanan tenda haji naik
A A A
Sindonews.com - Seiring dengan naiknya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini, maka Muasasah Asia Tenggara akan menaikkan pelayanan tenda haji. Sayangnya, kenaikan ini tidak diiringi dengan baiknya fasilitas yang diberikan.

Sekretaris Jenderal Asosisasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Artha Hanif mengatakan, BPIH tahun ini naik dari USD7.000 menjadi USD8.000. Seiring dengan kenaikan ini maka Muasasah (lembaga swasta pelayanan haji Arab Saudi) khusus Indonesia dan Asia Tenggara dipastikan akan menambahkan biaya ekstra pelayanan tenda Arafah dan Mina (Armina).

Akan tetapi, terangnya, kenaikan biaya ini dikhawatirkan tidak akan setara dengan biaya yang dibebankan. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun lalu dimana tempat tidur dan konsumsi yang diberikan jauh dari memadai.

“Mereka (Muasasah) selalu menjanjikan akan meningkatkan fasilitas. Namun tak pernah ditepati,” katanya ketika ditemui di Gedung Amphuri, Jakarta, Jumat (31/5/2013). Oleh karena itu, ujarnya, pihaknya akan mengawal ketat rencana Muasasah menaikan harga pelayanan Armina.

Wakil Ketua Umum Amphuri Yoza Prakasa menambahkan, timnya akan bertolak ke Arab Saudi menemui Muasasah Asia Tenggra mulai hari ini (30/5/2013). Aspirasi yang akan diperjuangkan ke Muasasah antara lain yaitu meminta Muasasah merinci dengan jelas bentuk fasilitas pelayanan dengan menetapkan biaya fasilitas.

"Apabila terjadi wanprestasi atau penyimpangan atas hak-hak yang tidak sesuai dapat dituntut atau dikembalikan," kata Yoza.

Ketua Dewan Penasihat Amphuri Asrul Aziz Taba menambahkan, pihaknya meminta Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) turut mengawal hal ini sebagai bentuk pengawasan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia.

"Kita berharap KPHI dapat memantau hal ini," kata Asrul. Ia menambahkan, kenaikan BPIH Khusus tahun ini mesti dihormati dan Amphuri akan mengawal pelayanannya dengan sebaik-baiknya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0321 seconds (0.1#10.140)