Caleg diminta jujur jelaskan sumber dana kampanye

Jum'at, 31 Mei 2013 - 17:23 WIB
Caleg diminta jujur jelaskan sumber dana kampanye
Caleg diminta jujur jelaskan sumber dana kampanye
A A A
Sindonews.com - Para calon anggota legislatif Pemilu 2014 mendatang didesak untuk bersikap jujur dalam membuka dana untuk kampanye yang mereka lakukan. Pasalnya, dari hasil penelitian dari tiga pemilu terakhir menunjukan praktik money politic (politik uang) yang masih tinggi.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, caleg dan parpol seharusnya berani bersikap jujur untuk mempublikasikan dana kampanye selama sumber dana tersebut berasal dari sumber dana yang jelas.

"Nah, pentingnya transparansi dan akuntabilitas setiap calon dan partai. Menurut saya tak perlu takut kalau itu dana yg bersumber dari dana yang jelas," kata Titi dalam acara diskusi di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Upaya transparansi dan akuntabilitas ini, kata Titi, sangat penting agar masyarakat dapat langsung memantau dan mengantisipasi adanya penyimpangan-penyimpangan dana. Selain itu hal itu dimaksudkan juga sebagai upaya pendidikan politik yang sehat kepada mayarakat.

"Selain mendistribusikan, yang jelas penggunaan dana tersebut juga mendidik caleg itu sendiri. Ini juga penting," tegasnya.

Titi mencontohkan, Pemilu di Amerika yang membebaskan dana kampanye sebesar-besarnya bagi parpol dan calon legislatif. Namun, di sisi lain kontrol dan kesadaran transparansi dari caleg dan parpol sangat tinggi, sehingga pemilu dapat berjalan lebih baik.

"Kita sangat penting belajar pemilu di Amerika. Uang untuk kebebasan, kompetisi dibebaskan sebebasnya, tapi kompetisinya bersaing sehat. Nah, di sini dominasi uang sangat tinggi karena kompetisi berjalan tidak sehat," ungkapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0266 seconds (0.1#10.140)
pixels