Penghargaan ACF, bentuk sindiran dunia ke SBY

Jum'at, 31 Mei 2013 - 10:52 WIB
Penghargaan ACF, bentuk sindiran dunia ke SBY
Penghargaan ACF, bentuk sindiran dunia ke SBY
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo A Benny Susetyo mengatakan, penghargaan negarawan dunia 2013 yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah sebuah sindiran untuk Kepala Negara tersebut.

Diketahui, penghargaan tersebut adalah World Statesman Award yang diterima Presiden SBY dari organisasi yang mempromosikan perdamaian, demokrasi, toleransi, dan dialog antar kepercayaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Appeal of Conscience Foundation (ACF).

Romo mengatakan hal tersebut, dikarenakan berbagai kasus intoleransi atau kekerasan umat beragama terhadap kelompok minoritas masih terjadi di tanah air.

"Sebenarnya dengan berbagai masalah kekerasan, belum diselesaikan dan cenderung meningkat, sebenarnya penghargaan dilihat sebagai sindirian agar SBY segera bertindak," ujar Rohaniawan Katolik itu kepada Sindonews, melalui pesan singkatnya, Jumat (31/5/2013).

Publik, ujar dia, memaknai bahwa penghargaan untuk SBY demikian sebagai sindiran, karena faktanya kekerasan dan kasus intoleransi terus meningkat. "Masalahnya, pembiaran terus terjadi, maka penghargaan (World Statesman Award) menjadi cemohan dunia internasional," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden SBY telah menerima penghargaan negarawan dunia 2013 dari ACF. Perhargaan tersebut diberikan disela-sela kunjungan kerja Presiden SBY ke New York, AS, dalam rangka penyerahan hasil panel tingkat tinggi program pembangunan pasca MDG's 2015 di Markas PBB.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7169 seconds (0.1#10.140)