KPU kebut verifikasi 6.576 berkas bacaleg

Sabtu, 27 April 2013 - 13:09 WIB
KPU kebut verifikasi 6.576 berkas bacaleg
KPU kebut verifikasi 6.576 berkas bacaleg
A A A
Sindonews.com - Meski akhir pekan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan verifikasi 6.576 berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang mendaftarkan diri dari 12 partai politik (parpol) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan meski hari libur Sabtu dan Minggu. "Lanjut kita kerjakan," kata Ferry melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Sabtu (27/4/2013).

Sekadar informasi, KPU membuka pendaftaran bacaleg mulai tanggal 9 hingga 22 April 2013, selanjutnya lembaga pemilihan ini langsung melakukan verifikasi hingga 6 Mei 2013.

Usai melakukan verifikasi, lembaga yang diketuai Husni Kamil Manik ini, akan menyampaikan kepada partai hingga tanggal 8 Mei 2013 mengenai berkas apa saja yang belum terpenuhi, setelah itu mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki kelengkapan berkas tersebut sebelum pengumunan daftar calon sementara (DCS) hingga daftar calon tetap (DCT).

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan parpol agar memperhatikan etika dan moral, bacaleg yang telah didaftarkan ke KPU. Komisioner Bawaslu Nasrullah menegaskan, meskipun syarat-syarat mengenai etika dan moral tidak tercantum dalam peraturan, namun melalui aduan masyarakat maka partai diminta untuk bisa menindaklanjuti laporan tersebut.

"Mudah-mudahan wilayah etik dan moral yang selama ini dikesampingkan dalam proses rekrutmen caleg, dan sebenarnya tidak dimasukkan dalam syarat formil dan tidak bisa menggugurkan, tetapi itu bisa jadi catatan serius bagi parpol agar parpol pun dapat memberi respon dan dipercaya lagi dari masyarakat," kata Nasrullah saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat 26 April 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3825 seconds (0.1#10.140)