Tingkatkan kualitas, PT bisa bersaing dengan negara maju

Selasa, 23 April 2013 - 13:27 WIB
Tingkatkan kualitas, PT bisa bersaing dengan negara maju
Tingkatkan kualitas, PT bisa bersaing dengan negara maju
A A A
Sindonews.com - Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Edy Suandi Hamid mengatakan, strategi bagi Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia menuju world class university (WCU) di antaranya, yakni PT dituntut selalu meningkatkan penyelenggaraan tata kelolanya dengan baik atau good university governance (GUG).

Menurutnya, GUG mampu diwujudkan dengan berpijak pada prinsip dasar pengelolaan, yakni transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, dan keadilan.

"Setelah mampu mengelola dengan baik, langkah selanjutnya ialah PT wajib mengikuti proses akreditasi nasional yang dilakukan oleh BAN (Badan Akreditasi Nasional) PT," kata Edy Suandi Hamid, dalam Seminar Membangun Brand PT Mandiri Menuju WCU di Hotel Sheraton, Yogyakarta, Selasa (23/4/2013).

Diketahui, seminar tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Pergururan Tinggi Swasta (PTS) se-DIY ini diselenggarakan atas kerjasama Koran Sindo DIY bersama Aptisi DIY.

Edy melanjutkan, tak hanya itu, PT juga harus aktif ikut serta dalam proses akreditasi internasional. Dengan akreditasi, PT juga sekalian mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan. "Penelitian dan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan PT selama ini," imbuhnya.

Untuk semakin menguatkan kiprah PT di mata internasional, Edy menyarankan agar PT rajin melakukan kerjasama dengan PT asing dan upaya perolehan sertifikasi internasional. Namun, yang paling penting menurutnya PT yang ingin mencapai WCU tidak boleh menghilangkan jati diri sebagai PT yang memiliki karakter budaya ke-Indonesia.

"Karakter ini justru menjadi keunggulan dan kekhasan PT di Indonesia. Dan salah satu yang bisa dilakukan agar jati diri kita tidak hilang ialah, PT wajib mengembangkan kecerdasan lokal, apalagi Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6232 seconds (0.1#10.140)