Ini 5 sasaran dalam latihan bersama

Senin, 22 April 2013 - 22:03 WIB
Ini 5 sasaran dalam...
Ini 5 sasaran dalam latihan bersama
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, ada sejumlah sasaran yang hendak dicapai melalui kegiatan International Table Top Exercise (TTX) Mentawai Megathrust pada 22-25 April 2013 di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Menurutnya, pertama terwujudnya sinergitas sumber daya kementerian, instansi, lembaga, organisasi dalam satu sistem komando tanggap darurat bencana alam pada skala besar. Kedua, tercapainya penguatan mekanisme komando, kendali, komunikasi, dan koordinasi dalam konteks sipil militer.

"Ketiga, tercapainya penguatan mekanisme penanggulangan bencana alam yang melibatkan pelaku multi nasional, baik dari komponen pemerintah, sektor swasta, maupun masyarakat," kata Syamsul Maarif, lewat rilis yang diterima Sindonews, Senin (22/4/2013).

Selain itu, sasaran lainnya adalah terhimpunnya masukan untuk mekanisme bantuan internasional bagi Indonesia maupun dokumen regional lainnya yang relevan, dengan mengacu kepada hasil latihan regional yang telah dilaksanakan. Kelima, terwujudnya ketahanan regional terhadap bencana alam.

"Tahun ini hingga 2014 Indonesia masih akan menggelar kegiatan peningkatan kesiapsiagaan berupa Command Post Exercise (CPX), Field Training Exercise (FTX), dan Humanitarian Civic Action (HCA)," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Maret 2014 akan diselenggarakan FTX yang diikuti oleh 18 negara dengan mengerahkan berbagai alutsista seperti kapal perang, pesawat terbang, helikopter, berbagai asset militer, personil sipil-militer dan lainnya.

"Lokasinya adalah di Kepulauan Mentawai. Semua peraturan dan prosedur penanggulangan bencana, yang melibatkan kehadiran dan bantuan internasional diujicobakan. Koordinasi sipil dan militer dalam bantuan kemanusiaan dilakukan dalam latihan tersebut," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6410 seconds (0.1#10.140)