Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan

Jum'at, 24 Mei 2024 - 09:10 WIB
loading...
Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan
Bencana longsor dan banjir bandang lahar dingin terjadi di daerah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) beberapa Waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bencana longsor dan banjir bandang lahar dingin terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) beberapa Waktu lalu. Peristiwa ini mengakibatkan 60 orang lebih meninggal dan 20 lainnya masih hilang.

Merespons bencana Sumbar ini, IPDN Kemendagri melalui Rektor IPDN, Prof Hadi Prabowo terjun langsung mengunjungi korban bencana, bersama 100 orang praja kampus Sumbar dan perwakilan pejabat IPDN lainnya, Kamis 23 Mei 2024.

"Setelah mengetahui bencana yang terjadi kami langsung melakukan rapat internal untuk dapat menyusun rencana dalam mempersiapkan bantuan kepada masyarakat di sini," kata Hadi dalam keterangannya, Jumat (23/5/2024).



"Alhamdulillah terkumpul dana sekitar Rp720.000.000 dari sumbangan para pimpinan IPDN dan seluruh sivitas akademika di seluruh kampus IPDN," tambahnya.

Hadi juga turut berbelasungkawa atas terjadinya bencana alam ini. "Semoga masyarakat Sumatra Barat khususnya yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar serta seluruh masyarakat terdampak bisa kembali bangkit dan melanjutkan hidup dengan penuh semangat," ujar Hadi

Kemudian sambung Hadi, sejumlah uang tersebut dibagi untuk Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam dengan nominal masing-masing Rp360.000.000.

"Yang kemudian dibelikan beberapa perlengkapan atau logistik yang diperlukan oleh para korban bencana," ujar Hadi.

Hadi melanjutkan, bantuan tersebut berupa berbagai macam barang dan keperluan bagi korban bencana.

"Sembako seperti beras 2 ton, minyak goreng 2 ton, gula 3 kwintal, mie instan, biskuit, susu, teh, dan lain-lain, juga bantuan berupa keperluan bayi, perlengkapan dapur, perlengkapan ibadah, alat kurve, obat-obatan, perlengkapan tidur, pakaian dan perlengkapan sekolah. Total ada delapan truk dan dua mobil L 300 yang berisi bantuan logistik untuk masyarakat," ungkapnya.

Bantuan kemanusiaan ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Rektor IPDN kepada Bupati Kabupaten Tanah Datar dan Bupati Kabupaten Agam untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat terdampak bencana.

Seperti yang diketahui selain mengakibatkan puluhan korban jiwa meninggal dan hilang. Bencana tersebut menimbulkan kerusakan serta menghanyutkan ratusan unit rumah warga, serta kerusakan sarana prasarana lainnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)
pixels