Menakertrans klaim perlindungan TKI di Malaysia sudah bagus

Kamis, 18 April 2013 - 17:07 WIB
Menakertrans klaim perlindungan TKI di Malaysia sudah bagus
Menakertrans klaim perlindungan TKI di Malaysia sudah bagus
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, penyaluran tenaga kerja Indonesia (TKI) khususnya penata rumah tangga ke empat negara masih dihentikan.

Keempat negara itu adalah Suriah, Kuwait, Yordania dan Saudi Arabia. Pasalnya, hak tenaga kerja belum terlindungi dengan baik sehingga masih dihentikan sampai sekarang.

"Belum ada perlindungan yang memadai sehingga distop sampai sekarang," kata Muhaimin dalam acara Youth Public Lecture di FISIP UI, Depok, Kamis (18/04/2013).

Sedangkan untuk penyaluran ke Malaysia masih terus dilakukan. Ia beralasan, perlindungan untuk TKI sudah baik ke negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia itu.

"Hanya saja yang ilegal yang tidak baik. Untuk itu TKI jangan menjadi TKI ilegal," tegas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Ia menambahkan, perlindungan pemerintah untuk TKI di Malaysia sudah cukup bagus. Permasalahan yang masih muncul saat ini, masih banyak TKI yang ilegal. "Kata kuncinya ya jangan menjadi TKI ilegal," ujar Muhaimin.

Karena itu, kata Muhaimin, untuk menjadi TKI yang legal salah satu caranya dengan memberikan pinjaman dengan bunga rendah. "Turunkan bunga pinjaman pekerja di luar negeri. Perbankan harus memberikan pinjaman dengan bunga rendah," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6882 seconds (0.1#10.140)