BKKBN tekan kelahiran remaja usia subur

Rabu, 17 April 2013 - 11:22 WIB
BKKBN tekan kelahiran remaja usia subur
BKKBN tekan kelahiran remaja usia subur
A A A
Sindonews.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan, laju pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai 1,49 persen setiap tahunnya. Dari data tersebut, menggambarkan ada empat juta jiwa wanita yang melahirkan.

"Laju pertumbuhan penduduk meningkat dari 1,43 persen menjadi 1,49 persen. Penyumbang kelahiran terbesarnya adalah dari para remaja wanita," tandas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso dalam Rakornas dengan Polri di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Dia mengatakan, tingkat kelahiran yang tinggi bukan hanya meningkat dari wanita usia subur dewasa, tetapi wanita usia subur remaja juga sangat tinggi. Menurutnya, dari empat juta wanita subur yang melahirkan 2,6 juta atau wanita usia subur adalah remaja. "Dari tahun 2007 sampai 2012 data tersebut selalu stagnan," kata dia.

Lanjutnya, hal ini menandakan banyaknya penyumbang kelahiran ialah wanita usia subur remaja. Kecenderungannya ialah banyaknya usia muda yang sudah menikah bahkan belum menikah. Kemudian pada umur-umur 15-19 tahun di perkotaan jumlahnya meningkat tajam dibandingkan di pedesaan.

"Di pedesaan jumlahnya sedikit menurun namun jumlahnya dua kali lipat dari diperkotaan," ucap dia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)