Panitia UN 2013: Pelelangan sesuai prosedur

Senin, 15 April 2013 - 22:53 WIB
Panitia UN 2013: Pelelangan sesuai prosedur
Panitia UN 2013: Pelelangan sesuai prosedur
A A A
Sindonews.com - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku panitia pelaksana Ujian Nasional SLTA 2013 mengklaim, pihaknya sudah melakukan semua prosedur berdasarkan ketentuan yang berlaku. Termasuk pemilihan perusahaan percetakan yang diberi kesempatan untuk ikut dalam proyek itu.

Anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria mengatakan, semua standar yang sudah seharusnya dilakukan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Bahkan dia mengelak, jika dikatanya bersalah dalam pemilihan PT Ghalia Indonesia Printing yang telah gagal menjalankan proyek sesuai dengan perjanjian.

"Soal kekeliruan percetakan. Proses tender dilakukan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," kata Teuku saat menggelar jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (15/4/2013) malam.

Teuku mengatakan, perusahaan yang perusahaan yang ada pun sudah mereka percayakan, karena berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang mereka ajukan pada proses pelelangan. "Tapi berdasarkan pengalaman pengalaman PT Ghalia mempunyai peralatan yang cukup lengkap," kata dia.

Dia mengatakan, PT Ghalia pada awalnya menyanggupi untuk menuntaskan penyetakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tapi, dia juga tidak mengetahui, kepada ada keterlambatan dalam penyetakan soal UN 2013.

"Jadi memang sudah sejak awal terlihat tanda tanda dan sudah diupayakan dipacu pengerjaannya tapi bagaimana sampai batas akhir pengiriman bahan UN tidak selesai,“ kilahnya.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya tidak mau disalahkan secara sepenuhnya atas kesalahan itu. Dia pun beralasan, tanggung jawab itu bukanlah kesalahan Kemendiknas.

"Proses tender itu di badan penelitian dan pengembangan dan itu urusan sekretariat. Kita tidak terlibat secara langsung," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7321 seconds (0.1#10.140)