PBNU dukung evaluasi kinerja Densus 88

Kamis, 11 April 2013 - 15:08 WIB
PBNU dukung evaluasi kinerja Densus 88
PBNU dukung evaluasi kinerja Densus 88
A A A
Sindonews.com - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Slamet Effendy Yusuf sepakat, agar adanya evaluasi kinerja Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror dalam pemberantasan terorisme di Indonesia.

"Densus harus mengoreksi diri dan siap dikoreksi oleh pimpinannya," kata Slamet dalam diskusi publik bertema Memberantas Terorisme Tanpa Teror dan Melanggar HAM di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2013).

Dia menerangkan, evaluasi itu dapat dimulai mengenai sistem operasi penggerebekan teroris hingga motif di balik penggerebekan yang dilakukan oleh Densus 88.

"Harus ada koreksi menyeluruh, termasuk operasi Densus 88 selama ini. Apakah lepas dari sana tidak ada motif kesukuan, keagamaan, saat melakukan operasi seperti itu," cetusnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengingatkan Polri, khususnya Densus 88 antiteror, agar tidak merusak simbol dan atribut keagamanan saat penggerebekan teroris.

Menurut dia, jika hal itu dilakukan, maka bukan tidak mungkin masyarakat yang mengetahui aksi penggerebekan itu justru menjadi simpati dengan aksi teror ketimbang pemberantasannya.

"Berhentikan merusak simbol agama, terutama agama Islam melalui intervensi terorisme. Tolong jangan merusak mengenai atribut umat Islam saat penggerebekan," kata Din saat membuka diskusi publik bertema Memberantas Terorisme Tanpa Teror dan Melanggar HAM di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0640 seconds (0.1#10.140)