Pemerintah akan tambah penerima BSM di 2014

Rabu, 10 April 2013 - 19:18 WIB
Pemerintah akan tambah...
Pemerintah akan tambah penerima BSM di 2014
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) Republik Indonesia Armida Alisjahbana mengatakan, di 2014 jumlah penerima Beasiswa Miskin (BSM) akan ditambah.

Armida menjelaskan, pemerintah akan menargetkan 29 persen rumah tangga termiskin yang memiliki anak sekolah.

“BSM jumlah penerimanya akan lebih banyak dari tahun ini. Selain jumlah penerima BSM akan ditambah, besaran uang yang diberikan juga ditambah,” kata Armida, usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Barat 2013 di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/4/2013).

Menurutnya, saat ini jangkauan program BSM baru di bawah 10 persen, rumah tangga termiskin yang memiliki anak sekolah di Indonesia. Besarannya untuk SD Rp350 ribu, SMP Rp500 ribu, SMA Rp750 ribu. Maka 2014 nanti untuk SD menjadi Rp500, SMP Rp750, SMA Rp1 juta.

Penambahan BSM tersebut akan berlaku mulai tahun depan. “Dengan catatan harus disetujui DPR, ini baru (rencana) pemerintah,” tambah Armida.

Dia mengungkapkan, menjelaskan program BSM sangat penting, terutama untuk memutus angka putus sekolah atau drop out (DO). “Supaya tidak DO di tengah jalan,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, BSM berbeda dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang saat ini sudah berjalan dan mengalir ke sekolah pendidikan dasar.

BSM bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) langsung dicairkan kepada siswa untuk biaya transportasi, buku, seragam, dan kebutuhan lainnya. “Meskipun uang sekolah tak ada karena sudah ditanggung BOS, tapi anak sekolah perlu uang seragam, buku, transport, nah itu BSM,” terangnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1716 seconds (0.1#10.140)