Linda Gumelar: Orangtua penentu karakter anak

Senin, 27 Mei 2013 - 18:22 WIB
Linda Gumelar: Orangtua penentu karakter anak
Linda Gumelar: Orangtua penentu karakter anak
A A A
Sindonews.com - Pendidikan dari orangtua akan memperngaruhi tumbuh kembang, pola pikir, dan perilaku anak. Demikian dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar.

Linda mengatakan, bukan hanya pelajaran yang didapat anak di sekolah, yang menentukan perkembangan dan karakter anak. Namun peran orangtua menentukan pembentukan karakter anak.

"Seorang anak dapat berani menindak kesalahan yang ada didepan matanya bukan semata-mata disengaja atau dibuat-buat, melain apa yang didapat dari sekelilingnya mendukung itu," tandasnya saat ditemui di Kantor KPPA, Jakarta, Senin (27/5/2013).

Menurutnya, seorang anak mempunyai sikap heroik dalam kehidupan sehari-harinya, ditentukan oleh peran keluarga dalam memberikan pemahaman, memberikan hak, kasih sayang serta membangun komunikasi sesuai dengan hak anak yang harus didapatkan.

Dimana seorang anak dapat bertanggung jawab kepada dirinya, teman sebayanya, keluarga dan masyarakat.

"Membentuk karakter anak yang bertanggung jawab dan peduli harus dilakukan sejak dini. Jangan sampai mereka keluar batas dari kemampuannya," paparnya.

Selain itu peran masyarakat umum dalam hal ini pemberdayaan komunitas, RT/RW serta LSM untuk dapat memaksimalkan perannya dalam memberikan kepedulian kepada anak-anak.

Untuk itu peran Pemda sangat lah diperlukan guna menggerakkan perangkat di bawahnya agar di daerahnya tidak terjadi eksploitasi pada anak dan perempuan.

"Banyak kasus di daerah seperi traviking, ekspolitasi dan kasus-kasus lainya yang mengenai anak-anak dan perempuan baik itu korban dan pelaku," ujarnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9319 seconds (0.1#10.140)