Waisak sebagai momentum hilangkan pikiran buruk

Sabtu, 25 Mei 2013 - 22:23 WIB
Waisak sebagai momentum hilangkan pikiran buruk
Waisak sebagai momentum hilangkan pikiran buruk
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan dalam perayaan Waisak di Candi Borobudhur 2557/2013, dengan dirayakannya Waisak tahun ini menandakan disucikannya seluruh umat Buddha untuk dapat memberikan kesejahteraan.

Menurutnya, diharapkan dapat menumbuhkan hubungan antara umat manusia diatara tuhan dan sesama dengan alam serta lingkungan.

"Ini momentum kita untuk bermotifasi guna menghilangkan pikiran buruk dan mengembangkan yang baik sehingga membuahkan kebaikan," ujar Bibit di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/5/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, Waisak kali ini diperhitungkan dapat membangun empat kebenaran yang mulia. "Yaitu membersihkan pikiran, membersihkan ucapan, menahan diri dari perbuatan buruk agar dan tidak membunuh antara mahkluk hidup," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Suryadharma Ali meminta kepada suluruh umat Buddha, dalam perayaan Waisak di Candi Borobudhur 2557/2013, untuk menumbuhkan rasa kesadaran antar umat beragama, untuk tidak terprovokasi.

Dalam sambutanya, Suryadharma menyinggung kasus Rohingya, Myamnmar, yang melibatkan agama Buddha dan agama Islam. "Jauhkan sikap anarkisme dan kekerasan antara mahkluk hidup yang beragama," ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh agama dan umat harus saling menyikapi secara arif dan bijaksana. Sebagai manusia yang religius sepantasnya kita tidak melakukan kekerasan dan anarkisme yang dihubungkan oleh keyakinan.

"Momentum waisak kali ini adalah moment penting umat Buddha untuk mengintropeksi diri dalam rangka meningkatkan kualitas Lebih baik untuk kesajian yang suci," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)