Caleg ganda, indikasi kaderisasi parpol tak jalan

Senin, 29 April 2013 - 14:22 WIB
Caleg ganda, indikasi kaderisasi parpol tak jalan
Caleg ganda, indikasi kaderisasi parpol tak jalan
A A A
Sindonews.com - Partai politik (parpol) sudah menyerahkan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif. Namun DCS masih menyisakan masalah bagi parpol, banyak ditemui nama caleg ganda dan terdaftar di dua daerah pemilihan (dapil).

Melihat itu, Koordinator Formappi Sebastian Salang mengatakan, munculnya nama caleg ganda atau terdaftar di dua daerah pemilihan (dapil) menjadi masalah sendiri bagi parpol.

"Berarti caleg itu memasukan berkas ke banyak partai, sebetulnya ini enggak bisa, parpol tidak bisa mendeteksi nama-nama caleg. Parpol juga panik, sehigga asal main menerima, ini karena proses kaderisasi partai yang enggak jalan," ujar Sebastian di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2013).

Sebastian mengatakan, seharusnya caleg tersebut dicoret dan parpol harus diberikan sanksi karena hanya semata-mata memenuhi kuota. Diakuinya, sampai saat ini belum ada aturan jelas mengenai sanksi tersebut. "Tapi KPU harus melakukan terobosan memberikan sanksi tegas," katanya

Mengenai pencalegan, Sebastian mengatakan, setiap politikus akan berjuang untuk mendapatkan suara terbanyak, tentu harus mengeluarkaan dana besar. Menurutnya, partai akan memilih calon yang mempunyai banyak dana. "Untuk memenuhi itu, parpol lebih mengutamakan orang yang punya uang," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)