SBY dipastikan mulus jadi Ketum Demokrat

Selasa, 26 Maret 2013 - 16:17 WIB
SBY dipastikan mulus jadi Ketum Demokrat
SBY dipastikan mulus jadi Ketum Demokrat
A A A
Sindonews.com - Jelang kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat yang akan berlangsung di Bali pada 30-31 Maret 2013 mendatang, diprediksi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal mulus menduduki jabatan Ketua Umum Partai Demokrat.

Pasalnya, sebanyak 33 dewan pimpinan daerah (DPD) sepakat bahwa SBY sebagai Ketua Umum partai berlambang mercy itu.

"Para Ketua DPD tidak ada yang menolak SBY untuk menjadi ketua umum mendatang," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo kepada Wartawan ditemui usai Penghargaan Zero Accident Gedung Negara Grahadi, Selasa (26/3/2013).

Menurut Gubernur Jawa Timur ini, 33 DPD sudah melakukan pertemuan di Cikeas pada Minggu (24/3/2013) lalu. Saat itu ketua DPD menyampaikan usulan dan aspirasi. Hasilnya, mereka berharap agar SBY yang kini menjabat sebagai presiden RI untuk menjadi ketua umum Partai Demokrat.

Atas usulan itu, SBY mengaku masih akan menampung serta memikirkannya hingga KLB nanti. Kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, keinginan menjadikan SBY sebagai ketua umum hingga kongres 2015 sebagai bentuk soliditas partai menghadapi Pileg dan Pilpres 2014.

Pakde Karwo juga menyebut, Ketua Umum hasil KLB ini hanya akan menandatangani tiga surat penting yakni surat daftar calon sementara, daftar calon tetap dan nama calon presiden.

Soekarwo juga mengatakan kemungkinan besar dalam kongres tersebut akan muncul ketua harian. Tugas dari ketua harian ini adalah membantu ketua umum dalam menjalankan tugas-tugas partai.

"Tapi sampai sekarang belum ada pembicaraan siapa yang menjabat karena memang keputusannya akan dibahas di KLB," ujarnya.

Kemudian untuk 38 DPC Kabupaten/kota se-Jatim, Soekarwo mengaku sudah bulat dan menyerahkan dukungannya ke Ketua DPD. "Pelaksanaan KLB nanti, Jatim sudah satu suara dan dipastikan tidak ada perpecahan," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6737 seconds (0.1#10.140)