Komisi X DPR RI pertanyakan kelulusan UN 99 persen

Jum'at, 24 Mei 2013 - 11:59 WIB
Komisi X DPR RI pertanyakan kelulusan UN 99 persen
Komisi X DPR RI pertanyakan kelulusan UN 99 persen
A A A
Sindonews.com - Pemerintah hari ini mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA dan se-derajat, persentase kelulusan di seluruh wilayah Indonesia pun terbilang tinggi yakni mencapai 99 persen.

Namun hal itu dikritisi oleh Anggota Komisi X DPR RI TB Dedi Gumilar. Meski mengaku senang dengan persentase kelulusan yang tinggi, namun secara substansi dirinya mengaku miris karena tak percaya dengan hasil tersebut.

"Kalau melihat angkanya, menggembirakan. Tapi kalau melihat substansinya menyedihkan," kata pria yang akrab disapa Miing ini, saat dihubungi wartawan, Jumat (24/5/2013).

Ia tidak percaya jika nilai substansi di setiap wilayah sama, karenanya, dia tak meyakini jika hasil tersebut sesuai dengan apa yang didapatkan oleh para siswa.

"Apa betul kita percaya bahwa UN itu 99 persen dari Sabang sampai Merauke sepeti itu. Apa benar SMA 6, 70, 3, 8 Jakarta sama dengan SMA di Sorong Papua," cetusnya.

"Nilai 8 dan 9 mereka di Jakarta, apa sama dengan nilai 8 atai 9 anak SMA di Papua. Apakah secara kualitatif sama. Ini yang jadi persoalan," sambungnya.

Dia menegaskan, UN jangan hanya dijadikan sebagai landasan kelulusan. Namun, hasil dari apa yang dipelajari siswa selama 12 tahun sekolah juga harus seimbang dengan nilai yang didapatkan.

"Tujuan pendidikan tidak hanya meluluskan anak didik saja, tapi juga membangun watak dan karakter. Dalam watak anak, selain cerdas, ada kejujuran," pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)