Majelis Tinggi Demokrat tengah meracik KLB ala Cikeas

Sabtu, 09 Maret 2013 - 07:02 WIB
Majelis Tinggi Demokrat tengah meracik KLB ala Cikeas
Majelis Tinggi Demokrat tengah meracik KLB ala Cikeas
A A A
Sindonews.com - Setelah Anas Urbaningrum berhenti dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat, maka tidak ada jalan lain bagi partai ini untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan, KLB di Demokrat, saat ini hanya menunggu waktu dan mekanismenya saja.

"Akan dikendalikan oleh SBY dan orang-orang Cikeas lainnya. Maksudnya adalah KLB ala Cikeas. Sementara soal waktu, saya melihat kecenderungannya KLB tak dikehendaki dilakukan dalam waktu dekat," ucapnya saat dihubungi Sindonews, Sabtu (9/3/2013).

Menurut Gun Gun, Majelis Tinggi tidak akan mungkin menggelar KLB tanpa perhitungan yang matang dan tersistematis.

"Tidak akan menjadikan KLB sebagai pasar taruhan terbuka seperti halnya Kongres Demokrat 2010, karena SBY (Susilo Bambang Yudhyono) tentu khawatir akan kembalinya para "petarung" Anas di KLB, dan tidak mustahil SBY kembali akan dipermalukan," pungkasnya.

Diketahui, selama ini ada dua nama disebutkan paling berpeluang menggantikan posisi Anas di Partai Demokrat, mereka adalah Soekarwo dan Marzuki Alie.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai, jika keduanya belum dapat menandingi Anas, karena kedua nama itu masing-masing memiliki kelemahan.

"Baik Soekarwo maupun Marzuki Alie memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing, meskipun tidak perfectly mengakar di daerah-daerah," kata Siti melalui pesan singkat kepada Sindonews, Kamis 7 Maret 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4502 seconds (0.1#10.140)