KPU diminta antisipasi kecurangan IT KPU

Jum'at, 01 Maret 2013 - 16:54 WIB
KPU diminta antisipasi kecurangan IT KPU
KPU diminta antisipasi kecurangan IT KPU
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta mampu mendeteksi sekaligus mengantisipasi terjadinya kecurangan Pemilu melalui IT KPU pada Pemilu 2014 mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan, kejahatan melalui teknologi jangan sampai terjadi lagi di KPU.

"Kejahatan IT ini pernah terjadi pada KPU yang lalu. Jadi KPU harus betul-betul serius menangani ini jangan sampai seperti periode yang lalu itu muncul hacker dan akhirnya muncul partai baru seperti partai pisang dan nangka," ujar Viva dalam sebuah diskusi bertema 'Singkronisasi DP4 dan Penetapan (Dapil) Daerah Pemilihan' di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2013).

Dalam Pemilu sebelumnya, pihaknya mengaku menemukan sejumlah kecurangan pada IT KPU yang dilakukan oleh oknum-oknum yang memahami kecanggihan teknologi dan memahami sistem perundang-undangan yang ada.

Tidak menutup kemungkinan pula, kecurangan-kecurangan dalam perolehan suara melalui sistem IT KPU dapat terjadi kembali bila KPU tidak sigap dalam menyelesaikan masalah itu.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6029 seconds (0.1#10.140)