Anas: SBY sosok yang cerdas dan pintar, dia guru saya

Kamis, 28 Februari 2013 - 02:33 WIB
Anas: SBY sosok yang cerdas dan pintar, dia guru saya
Anas: SBY sosok yang cerdas dan pintar, dia guru saya
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sesungguhnya sangat mengagumi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Anas, SBY itu tokoh yang cerdas dan pintar. SBY juga menjadi guru yang mengajarinya politik.

Karena itulah, dirinya selama ini menjadi dekat, banyak yang ingin dia pelajari dari kecerdasan SBY itu.

Namun sejak mundur dari Ketum Demokrat, Anas mengaku belum melakukan komunikasi apapun.

"Selama ini memang dekat, tapi saya belum kontek-kontekan sampai sekarang," tukas Anas kepada Sindo Radio di rumahnya Jalan Teluk Langsa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2013).

Mengenal SBY, kata Anas sejak dia terjun aktif dalam organisasi. Saat itulah keduanya sering berinteraksi. Sampai akhirnya politik menjadikan keduanya semakin dekat.

Mengenal politik ketika Anas menjadi Ketua PB HMI. HMI terlibat banyak dalam reformasi politik 1998. Dalam proses reformasi politik itu lahirlah UU Politik untuk Pemilu 1999. Kala itulah, Anas berada di KPU untuk menyelengarakan pemilu.

"2005 saya mulai belajar politik praktis, guru saya banyak, SBY lah salah satu guru saya," tukasnya mengenang.

Berpolitik itu mengurus orang lain, berpolitik itu sama aja mengajak bergul dengan orang lain dan berbuat untuk kemaslahatan. Tentu saat dirinya terjun ke dunia politik, banyak pesan dari para kyai, yang diterimanya, salah satunya ojo gumunan dan ojo kagetan (jangan mudah kaget jangan mudah heran). Dan semua pesan itu dia pegang hingga sekarang ini.

Disinggung soal politik di Indonesia, Anas berpandangan, demokrasi politik di Indonesia sesungguhnya masih muda, tapi cukup bagus dan harus terus diperbaiki, baik dimensi struktural, kultural, elite dan aktornya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6522 seconds (0.1#10.140)