Hasil survei, elektabilitas Demokrat anjlok lagi

Selasa, 19 Februari 2013 - 13:02 WIB
Hasil survei, elektabilitas Demokrat anjlok lagi
Hasil survei, elektabilitas Demokrat anjlok lagi
A A A
Sindonews.com - Elektabilitas Partai Demokrat belum menunjukkan sinyal positif. Berdasarkan hasil survei terbaru, elektabilitas Partai Demokrat malah semakin menurun.

Bagaimana tidak, berdasarkan rilis Lembaga Survei Jakarta (LSJ) partai asuhan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini hanya mendulang angka 6,9 persen, di bawah Golkar yang meraup dukungan 18,5 persen, dan Partai Demokrat Indonesia Perjuangan 16,5 persen.

Peneliti LSJ Igor Dirgantara mengatakan, kepercayaan publik terhadap Partai Demokrat mengalami keruntuhan. Demokrat tidak lagi dipercaya sebagai partai yang berdiri di garda depan dalam pemberantasan korupsi.

"Jika pemilu dilaksanakan sekarang, mereka yang mengaku akan memilih Partai Demokrat hanya 6,9 persen," ujar Igor saat konferensi persi di Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Menurutnya, Demokrat juga dipersepsikan oleh publik sebagai partai paling korup, lantaran banyak kader tersangkut korupsi.

"Saat LSJ menanyakan ke responden, partai apakah yang kadernya banyak tersangkut korupsi, sebanyak 67,3 persen menyebut Partai Demokrat," terangnya.

Sementara hasil survei SMRC yang dirilis beberapa pekan lalu, responden yang memilih Partai Demokrat Partai Demokrat 8,3 persen. Partai Demokrat berada di bawah Golkar yang memeroleh 21,3 persen dan PDI Perjuangan 18,2 persen.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7156 seconds (0.1#10.140)