KPU diminta segera selesaikan Dapil Pemilu 2014

Selasa, 19 Februari 2013 - 10:32 WIB
KPU diminta segera selesaikan...
KPU diminta segera selesaikan Dapil Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta untuk sesegera mungkin menentukan daerah pemilihan (dapil) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2014, hal ini penting dilakukan untuk menentukan jumlah alokasi kursi dan calon anggota legislatif (caleg).

Direktur Eksekutif Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem), Titi Angraini mendesak agar lembaga pemilihan ini dapat menyelesaikan dapil sebelum mereka mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) mengenai syarat aturan caleg.

"Tidak hanya pencalonan, tetapi juga soal dapil, ini sangat penting untuk segera diselesaikan mengingat pemilu itu sudah satu tahun lagi. Itu bukan waktu singkat," jelas Titi saat dihubungi Sindonews, Selasa (19/2/2013).

Penentuan dapil lanjutnya sama pentingnya dengan PKPU mengenai syarat caleg karena jumlah kursi ataupun caleg belum dapat ditentukan jika dapil belum dikeluarkan oleh KPU.

"Kalau dapilnya tidak ditetapkan, bagaimana menetapkan caleg. Saya rasa ini sama pentingnya dengan PKPU mengenai caleg, kedua itu saling bergantungan dan harus bisa menjadi prioritas mereka," tandasnya.

Karena itu, Titi pun menegaskan agar KPU sesegera mungkin bisa menyelesaikan dan menetapkan dapil untuk Pemilu 2014, mengingat juga bulan April mendatang akan ditetapkan daftar caleg sementara (DCS).

"Kan bulan April saja sudah harus merilis DCS dan dari bulan ini hanya tersisa beberapa bulan saja, mereka harus segera menyelesaikan dan menentukan dapil dan PKPU mengenai aturan caleg itu karena waktunya semakin sempit," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7073 seconds (0.1#10.140)