Kapolri sambut baik Inpres Kamtibmas

Kamis, 07 Februari 2013 - 11:26 WIB
Kapolri sambut baik Inpres Kamtibmas
Kapolri sambut baik Inpres Kamtibmas
A A A
Sindonews.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Polisi Timur Pradopo menyambut baik Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2013 soal penanganan masalah keamanan dalam negeri.

Menurut dia, fokus presiden dalam menjaga keamanan dalam negeri hingga tahun 2014 adalah hal yang tepat. Timur juga mengatakan, Inpres itu nantinya bisa membantu mengatasi permasalahan pengerahan jumlah massa dalam menangani konflik di daerah, maupun dalam rangka menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

"Yah tentunya Inpres itu bagus ya, untuk bagaimana kaitan dengan kondisi keamanan yang melibatkan jumlah massa banyak," jelas Timur kepada wartawan di Kantor Kementerian Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2013).

Timur melanjutkan, pertimbangan SBY dalam mengeluarkan Inpres tersebut tidak terlepas untuk menyelesaikan problematika sosial dan keamanan di seluruh Indonesia agar tidak hanya menjadi tugas kepolisian semata.

"Menyelesaikannya tidak mulai dari Polri, tetapi mulai dari hulu itu memang harus ditangani, saya kira itu," tandasnya.

Seperti diinformasikan, Presiden SBY mengeluarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2013 karena dia menilai untuk meningkatkan efektivitas penanganan gangguan keamanan di seluruh tanah air. Melalui instruksi itu kepala negara berharap keamanan dalam negeri dapat terjaga.

Pengeluaran Inpres ini pun tak lepas dari penilaiannya bahwa sepanjang tahun 2012 masih terjadi aksi kekerasan, benturan sosial, konflik komunal dan terorisme. Terlebih dari hasil survei bahwa rakyat tidak puas atas penanganan keamanan oleh aparat karena dianggap melakukan pembiaran.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6916 seconds (0.1#10.140)