Demokrat Yogya tidak mendukung KLB

Selasa, 05 Februari 2013 - 17:22 WIB
Demokrat Yogya tidak mendukung KLB
Demokrat Yogya tidak mendukung KLB
A A A
Sindonews.com - Wacana penggulingan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum pasca pengumuman hasil riset elektabilitas partai politik oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) saat ini tidak tepat.

Warning yang dikeluarkan oleh SMRC, seharusnya diikuti dengan upaya pembenahan diri untuk kembali menaikan rating elektabilitas partai.

Wakil Ketua II DPD Partai Demokrat DIY Putut Wiryawan mengatakan, hasil riset tersebut tidak boleh dianggap sebagai kiamat dan disikapi dengan kegaduhan di internal partai.

“Beruntung hasil riset ini dikeluarkan di awal 2013, sehingga bisa kita ikuti dengan penataan internal partai,” tandasnya, di Yogyakarta, Selasa (5/2/2013).

Elektabilitas delapan persen yang dimunculkan oleh SMRC disebutkan oleh anggota DPRD DIY tersebut harus disikapi oleh jajaran partai mulai dari pusat hingga tingkat ranting dan anak ranting dengan cerdas. Warning tersebut harus disikapi dengan kerja keras untuk kembali memperoleh kepercayaan publik.

Ditegaskan oleh politikus yang pernah aktif menjadi jurnalis tersebut, masih ada waktu hingga 14 bulan menuju Pemilu Legislatif 2014. Sisa waktu tersebut dinilainya, tidak cukup panjang jika harus disikapi dengan menggelar Konferensi Luar Biasa (KLB) hanya sekedar untuk menurunkan Anas Urbaningrum dari kursi panas Ketua Umum.

Jika upaya penurunan dipaksakan, Putut menilai kebijakan tersebut akan menjadi kebijakan yang kontraproduktif di tengah-tengah upaya mengarungi tahun politik menjelang pemilu 2014.

“Menurut kami lebih baik mulai sekarang dilakukan komunikasi yang lebih intensif antara Dewan Pembina, DPP, DPD dan DPC untuk meningkatkan kinerja partai,” tandasnya.

Namun demikian, jika memang Presiden SBY selaku pendiri partai mengambil langkah untuk menggelar KLB, DPD DIY menurutnya, akan tunduk dan mengikuti kebijakan tersebut. Hal itu didasari oleh bentuk penghormatan kepada sosok SBY selaku pendiri partai.

Disinggung mengenai kondisi di DIY, Putut mengatakan, konstituen PD merupakan masa mengambang. Dan saat ini telah terus dilakukan upaya konsolidasi internal partai dengan melakukan pertemuan konsolidasi.

Jika upaya tersebut terus dilakukan hingga 2014 mendatang, PD DIY yakin apa yang terjadi saat ini tidak akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Bahkan Putut mengaku sangat yakin, PD di DIY akan tetap mampu meraih suara mayoritas untuk pemilu legislatif 2014.

“Kerja keras terus dilakukan di DIY. Kita yakin 2014 suara mayoritas akan teraih,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)