Penerimaan mahasiswa dengan data Perak

Senin, 04 Februari 2013 - 02:01 WIB
Penerimaan mahasiswa dengan data Perak
Penerimaan mahasiswa dengan data Perak
A A A
Sindonews.com - Ketua Bidang IT dan Pelaksanaan Panitia Pusat SNMPTN Herry Suhardiyanto mengatakan, salah satu validasi nilai yang akan dipergunakan untuk meloloskan calon mahasiswa adalah dengan sistem database Peringkat Akademik (Perak) yang dikelola IPB.

Sistem tersebut menggunakan nilai berdasarkan nilai rapor siswa di sekolah dan nilai IPK saat siswa sudah mulai kuliah.

"Melalui sistem ini, akan dilihat korelasi nilai antara saat siswa SMA dan kuliah," jelasnya di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Dia mengatakan dengan menggunakan sistem Perak, IPB sudah memiliki data dan perkiraan sekolah mana saja yang siswa bisa masuk ke IPB serta jumlahnya sejak bertahun-tahun lalu.

Herry memberikan saran kepada para calon mahasiswa agar tidak terpaku pada satu atau dua program studi. Apalagi program studi tersebut merupakan program studi yang diminati banyak orang.

"Diperlukan pengetahuan yang luas bahwa berkarya tidak bisa pada satu bidang saja. Oleh karena itu baik siswa maupun orang tua bisa lebih realistis dalam memilih program studi terutama untuk pilihan kedua," ujarnya.

Rektor IPB ini mengungkapkan, belum ada sistem penerimaan nasional yang efektif untuk memilah siswa yang berpotensi besar dan berhasil dengan baik di PTN yang dipilihnya.

Oleh karena itu, ujarnya, panitia tidak menerapkan tes, melainkan melalui nilai rapor karena dikhawatirkan siswa yang cerdas dapat saja memperoleh nilai jelek di tes tertulis karena sedang sakit.

“Maka kami berikan kepercayaan kepada guru dan sekolah untuk menilai proses dan evaluasi siswa untuk memastikan apakah pantas dia masuk PTN. Caranya sederhana berikan mereka nilai di rapor sesuai fakta,” imbuhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7886 seconds (0.1#10.140)