Mahfud MD menduga ada kongkalikong

Selasa, 29 Januari 2013 - 21:01 WIB
Mahfud MD menduga ada kongkalikong
Mahfud MD menduga ada kongkalikong
A A A
Sindonews.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, jika peredaran narkoba yang dikendalikan dari balik jeruji alias penjara tidak bisa dituntaskan, karena ada berbagai pihak yang bermain.

Menurut Mahfud, hal itu diduga karena mungkin ada kongkalikong, bisa saja ada pejabat yang melindungi peredaran narkoba dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) tersebut.

"Bukan tidak mungkin melibatkan pejabat penting atau penegak hukum. Seperti yang di Pekanbaru," ucapnya kepada wartawan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, dugaan tersebut bisa terjadi dengan adanya kerja sama dari beberapa pihak yang terkait dengan peredaran narkoba itu.

"Misalnya dari pejabat-pejabat kecil di sana, misal si bandar dengan petugas-petugas di sana, lalu kerja sama, itu mungkin saja," tandasnya.

Sebelumnya, Dirjen Narkoba Polda Metro Jaya mengklaim bahwa pihaknya telah menangkap 16 tersangka pengedar narkotika jaringan internasional.

Tiga diantara tersangka adalah warga negara asing penghuni Lapas Nusakambangan dan LP Cipinang dihukum karena kasus perdangangan narkoba. Bahkan, dua di antaranya adalah terpidana mati.

Ketiga narapidana kasus perdagangan narkoba itu adalah Lee Che Hen, narapidana asal Malaysia ini ditahan di LP Cipinang yang divonis mati pada 12 Maret 2010.

Adam Wilson, merupakan narapidana kewarganegaraan Nigeria di Lapas Nusakambangan yang sudah divonis mati dan Tan Swe Kon narapidana kewarganegaraan Singapura ditahan di Lapas Nusakambangan.

Sementara itu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) membantah pemberitaan mengenai penangkapan tersangka pengedar narkoba di beberapa lapas yang ada di Indonesia. Hal itu ditegaskan langsung oleh Menkum HAM Amir Syamsuddin.

Menurut Amir, sampai saat ini tidak ada penangkapan yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terhadap tahanan mereka yang ada di beberapa Lapas

"Dengan adanya koordinasi yang baik tidak mungkin dilakukan penangkapan seperti itu. Kemarin sama sekali tidak ada penangkapan," kata Amir dalam keterangan persnya di Kantor Dirjen Pemasyarakatan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8158 seconds (0.1#10.140)