Munculnya caleg instan, menunjukkan kemunduran parpol

Senin, 28 Januari 2013 - 06:15 WIB
Munculnya caleg instan, menunjukkan kemunduran parpol
Munculnya caleg instan, menunjukkan kemunduran parpol
A A A
Sindonews.com - Munculnya beberapa nama artis saat ini, kemudian digembar-gemborkan akan menjadi calon legislatif di salah satu partai politik (Parpol). Fenomena itu menunjukkan mundurnya parpol di Indonesia.

Hal itu dikatakan Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Bagus Takwin. Menurutnya, kemunduran tersebut, karena parpol sudah tidak bisa lagi menciptakan regenerasi kader lagi.

"Karena parpol saat ini punya masalah dengan pembinaan dan kader. Regenerasi itu tidak jalan di parpol, kalau pun ada tidak optimal, paling hanya sekedarnya aja, dan tidak menghasilkan orang-orang yang mempunyai kompetensi atau kemampuan," kata Bagus, saat berbincang dengan Sindonews, Minggu (27/1/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, karena lambannya regenerasi atai kaderisasi ini, membuat parpol tidak ada pilihan lain untuk merekrut sumber daya manusia dari luar partai. Namun, hal ini sepertinya menjadi kebiasaan dan dimanfaatkan oleh parpol untuk mengeruk dana.

"Fenomena ini menjadi dimanfaatkan oleh parpol. Saat ini banyak parpol dengan gampangnya mencari caleg yang terkenal, bisa juga artis. Dalam hal ini parpol lemah di pengkaderan, itu menunjukkan kemunduran politik indonesia," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1468 seconds (0.1#10.140)