Partai SRI minta Bawaslu berlaku adil

Selasa, 22 Januari 2013 - 18:31 WIB
Partai SRI minta Bawaslu berlaku adil
Partai SRI minta Bawaslu berlaku adil
A A A
Sindonews.com - Partai Serikat Rakyat Indonesia (SRI) berharap, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengambil keputusan terkait sengketa hasil verifikasi partai politik (Parpol) harus berlaku adil, serta pertimbangkan alat bukti yang sudah diserahkan.

"Kita semua harus berpacu pada kebenaran cuma eggak perlu juga Bawaslu memihak kepada kita, tolong dipertimbangkan seluruh bukti yang ada," kata Ketua Umum Partai SRI Damianus Taufan usai sidang Ajudifikasi di kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2013).

SRI salah satu partai politik dari 24 parpol yang gagal menjadi peserta Pemilu 2014. Partai SRI berharap, gugatan yang tengah ditangani Bawaslu membuahkan hasil yang menggembirakan.

Tak hanya berharap lolos sebagai peserta pemilu, kata Taufan, tapi sebagai kritik dalam rangka memperbaiki sistem demokrasi yang ada di Indonesia ini.

"Kita telah memberi kritik-kritik itu, untuk memperbaiki kinerja KPU (Komisi Pemilihan Umum) ke depan, Kalau ini dibiarkan terus resikonya pada demokrasi kita," katanya.

Taufan mengatakan, dalam sidang ajudikasi kedua ini sudah menghadirkan beberapa saksi. Dia mengklaim, alat bukti yang dibawa KPU bisa dibantah semua.

Dia mencontohkan, seperti yang terjadi di Provinsi Aceh, partainya sudah menyerahkan tujuh belas item persyaratan, namun oleh KPU setempat hanya diserahkan tiga belas.

"Kan itu kesalahan KPU, kenapa kita yang dihukum. Kpu Aceh mengatakan, hanya menerima 13 dari KPU pusat. Padahal kita buktikan, kita menjelaskan 17, kenapa enggak diperbaiki, itu. Masa KPU yang salah kita yang dihukum," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)