Komnas HAM didesak umumkan capres & caleg pelanggar HAM

Sabtu, 12 Januari 2013 - 17:12 WIB
Komnas HAM didesak umumkan capres & caleg pelanggar HAM
Komnas HAM didesak umumkan capres & caleg pelanggar HAM
A A A
Sindonews.com- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) didesak mengeluarkan daftar sejumlah calon Presiden (Capres) maupun calon legislatif (Caleg) yang termasuk dalam pelaku pelanggaran HAM.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu kan menerima capres dan caleg dari partai politik (Parpol). Nah, seharusnya Komnas HAM mengeluarkan list nama-nama capres dan caleg yang termasuk pelanggar HAM baik ringan maupun berat,"ujar Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar di kantornya, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2013).

Daftar nama-nama tersebut, kata dia, sangat berguna supaya politisi busuk tak bisa mencalonkan diri di Pemilu 2014 mendatang. Menurut dia, pihak Komnas HAM punya kewenangan untuk merinci daftar tokoh atau politikus yang pernah melanggar HAM. Pelanggaran HAM yang dilakukan tidak hanya sebatas kejahatan militeristik tetapi juga kejahatan korporasi.

"Bayangkan jika setengah direksi PT.Lapindo mencalegkan diri. Implikasinya kan akan sampai menghambat demokrasi. Selain itu, akan memuluskan rezim totalitarian di Indonesia,"imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, bahwa beberapa bakal capres dari kalangan militer akan terkendala dengan hal ini. Seperti Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sempat ramai disebut-sebut dalang dari tragedi penculikan tahun 1998 dan kerusuhan Mei 1998.

Selain itu, Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto yang terlibat pada tragedi Semanggi I dan II serta Timor Leste.

Disamping dari tokoh yang berlatar belakang militer, tokoh pengusaha seperti Aburizal Bakrie (Ical) pun dinilai juga sebagai pelaku pelanggaran HAM dengan kasus semburan lumpur Lapindo.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)