DPR mulai seleksi 24 calon hakim agung

Kamis, 10 Januari 2013 - 09:37 WIB
DPR mulai seleksi 24...
DPR mulai seleksi 24 calon hakim agung
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi III DPR Indra mengatakan, pada masa sidang ini, DPR akan melakukan proses fit and proper test dan pemilihan calon hakim agung (CHA).

"Proses seleksi diawali dengan pembuatan makalah dari para calon hakim agung," kata Indra melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Kamis (10/1/2012).

Menurutnya, dari 14 sampai 16 Januari 2012, dijadwalkan fit and proper test. Kemudian tanggal 16 sore langsung dijadwalkan pemilihan dan penetapan CHA terpilih oleh Komisi III. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan seleksi dan pemilihan untuk berkas kedua pengajuan CHA.

24 CHA merupakan hasil seleksi dari Komisi Yudisial (KY), maka dalam proses fit and proper test, Komisi III mengantongi rekam jejak CHA tersebut. Publik sebagai pengontrol diharapkan bisa memberikan masukan.

"Saya sangat berharap publik bisa memberi tambahan masukan kepada Komisi III terkait track record atau rekam jejak ke 24 CHA yang akan di fit and proper test," ucapnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, rekam jejak dan masukan menjadi sangat penting, untuk meminimalisir kemungkinan CHA bermasalah atau tidak bermoral terpilih.

"Buat saya persolan integritas moralitas merupakan hal yang terpenting dalam memilih CHA nanti,"

Lebih lanjut dia mengatakan, adanya mafia pengadilan baik seperti suap, gratifikasi, pengaturan putusan, pemalsuan putusan, merupakan muara dari lemahnya integritas, maka hakim yang terpilih harus berintegritas.

"Kita berharap terpilih Hakim Agung yang benar-benar Agung, merupakan garda terakhir penegak atau pemutus keadilan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)